Pages

Monday, August 31, 2015

Choosing Vendor: Catering

NAH INI DIA YANG MENGHABISKAN LEBIH DARI 50% BUDGETING: CATERING

Sudah bukan rahasisa umum bahwa semua capeng pasti stres di bagian ini hahahaha. Karena sama, aku pun begitu. Bagaimana tidak? Di saat kita udah afford untuk bayar gedung, tapi ternyata charge untuk katering gede banget. Ada juga yang perusahaan katering tersebut memang katering Grade A yang hargane mahal tuenan rek. Seangainya kita bisa ngasih nasi kotak buat para tamu, budgeting bakal jadi murah banget cyin.............................................

Sayangnya, katering ini benar-benar menghabiskan lebih dari 50% anggaran kita. Misalnya nih, budget pernikahan kita adalah 100juta, bisa-bisa si katering ini menghabiskan 60-70juta sendiri! Tergantung dari berapa undangan kita, apa perusahaan katering pilihan kita, dan apakah kita akan memilih paket atau tidak.

Memang, pilihan paket (katering sekaligus dekor, foto-videografi, makeup, dll) akan jauh lebih murah. Tapi kita harus benar-benar teliti karena ya yang namanya juga harga paket, pasti kan ada beberapa performa vendor yang dikurangi. Nah di sinilah bagian di mana kamu jangan mau dibohongi. Review semua vendor yang masuk dalam paket tersebut kalau ga mau kecolongan. Kalau aku sih cenderung tidak mau pakai paket, si camer pun mengiyakan seperti itu karena beliau pernah punya pengalaman buruk ketika dia sedang menangani pernikahan adik iparnya. Tapi sekali lagi, kembali ke preferensi masing-masing yaa!

Penghitungan catering di jam makan siang (jam 11-jam 1) pasti lebih banyak dibandingkan jam makan malam (jam 19-21) karena para tamu diasumsikan akan lebih lapar saat jam makan siang daripada jam makan malam. Jadi, faktor pengalinya pun berbeda. Misalnya begini, jika tamu kamu 500, berarti kamu harus memberi makan 1000 orang. Artinya, kamu harus menyediakan 3000 porsi makan dengan asumsi, 1 orang akan makan 3 menu. Nah, di sini faktor pengalinya berbeda-beda di setiap perusahaan, antara siang dan malamnya pun berbeda-beda. Yaaa, tergantung itung-itungan untung-ruginya mereka lah.

Menurutku (ini lagi-lagi menurut preferensi pribadi ya), perusahaan katering (in-house catering gak termasuk) dibagi menjadi 4 grade:
Grade A - ketika penghitungan standar 1000 orang harganya > 150 juta
Grade B - ketika penghitungan standar 1000 orang harganya 120 - 150 juta
Grade C - ketika penghitungan standar 1000 orang harganya 90 - 120 juta
Grade D - ketika penghitungan standar 1000 orang harganya < 90 juta

1. Alfabet Catering (Grade A)
Nah ini dia catering ciamique yang sudah ada dari jaman baheula dan sudah jadi langganan para pejabat kementerian. Bahkan bundaku udah mewantu-wanti untuk pakai ini saja, gak usah yang lain. Waktu adik aku syukuran sunatan juga pakainya Alfabet ini. Wah, makanannya mah jangan ditanyaaa! Ga abis-abis! Hahahahaha. Jadi ternyata walaupun Alfabet ini termasuk mahal tapi porsi satuannya tuh besaar! Jadi Insya Allah ga usah takut tamu ga kebagian makanan, apalagi untuk yang buffet. Coba deh ke pameran-pameran pernikahan yang ada Alfabetnya, dipastikan penuh sesak! Hahahaha. Dari segi rasa pun ga usah ditanya deeh, enak banget di semua menunya.

Dekorasi cateringnya pun sangat cantique dan up-to-date. Dekor catering ini penting loh, karena dekor catering tidak disupport oleh vendor dekorasi. Percuma kan kalau kita udah bayar mahal untuk vendor dekor tapi ternyata vendor cateringnya ga mendukung? Aku pernah menemukan salah satu vendor catering Grade B (nyerempet A) yang huruf depannya C yang lagi perform di Puri Ardhya Garini. Itu dekorasinya alamaaaaak, biasa bangeeeeetttt! Jomplang abis sama kemewahan gedungnya zzzzz. Langsung deh tuh aku blacklist si vendor itu.

Namun, apa mau dikata bahwa Alfabet ini gak rekanan dengan Sasana Kriya. Huwaaaaa. Jadi apa boleh buat, coret Alfabet dari daftar. Bye!

All pictures are taken from Google. I dont own the images.


2. Sonokembang Catering (Grade A -maksa-)
Jadi Sonokembang ini udah terkenal banget di daerah Malang, Surabaya, dan sekitarnya. Sekarang Sonokembang sedang mencoba peruntung di kota Jakarta ini. Ingin langsung menyejajarkan diri dengan vendor catering Grade A lainnya, Sonokembang langsung pasang tarif (yang menurutku) terlalu tinggi.

Kenapa aku bilang maksa? Karena dengan harga yang segitu, rasanya biasa aja. That's it. Tapi memang aku akuin bahwa dekorasi cateringnya ciamiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikkkkkkkkkk banget!!! Pokoknya kalau kalian pake Sonokembang, dijamin deh para tamu pasti akan terkesima! Karena peralatan yang mereka punya itu luarrr biasa semua! Unik, cantik, menarik, out of the box, kreatif, You name it yourself. Bahkan mereka punya fasilitas on the spot cooking buat beberapa menu, tapi ini tergantung venue. Artinya kalau venue kalian cukup besar, akan sangat mungkin Sonokembang melakukan hal tersebut. Cake table nya juga jangan ditanya, ALAMAAAAAK, cantique bangeeetttt! Aku pernah dateng ke perform Sonokembang di Sasana Kriya yang saat itu vendor dekornya adalah Sulthan Dekorasi. Masya Allah, indahnya luar biasa sampe aku benar2 terpukau... Tapi di lain waktu aku ke kondangan yang di Dirjen Bea Cukai, biasa aja tuh dekorasinya.. Jadi ya benar-benar depends on the venue juga ya..

Tapi ya itu, apa artinya sebuah dekorasi catering jika rasanya biasa aja (cenderung -sorry to say- ga enak)? Catering kan intinya makan, emang tamu mau makan penampilan? Aku udah beberapa kali test food Sonokembang untuk uji konsistensi, tapi ya itu. Biasa aja rasanya. I really try to love the taste, but just cant. Di lain waktu lasangna-nya asem, di lain waktu nasi goreng di buffet pera banget, di lain waktu dagingnya keras, di lain waktu rasa salmon en croute nya maksa banget.. Di lain waktu tahu telornya........mmm..... sebagai catering asli dari Jawa Timur... mmmm......gitu deh..

Jadi, dengan harga yang segitu mahalnya, mohon maaf aku kurang cocok dengan Sonokembang. Tapi sekali lagi, ini menurut pendapat pribadi aku yaaa :)



All pictures are taken from Google. I dont own the images.

2. Dwi Tunggal Citra Catering (Grade A)
Duh, siapa sih yang ga tau vendor yang satu ini? Dari segi rasa, porsi, dekorasi, dan harga semuanya luar biasa! Bundaku aja, yang cuma satu catering (Alfabet Catering) langsung terkesima pas aku ajakin test food DTC ini saat wedding expo di Balai Kartini. Semua makanan dicobain. Dan habis semua sampai dia kenyang banget katanya hahahahaha. Akhirnya emak bilang mau pakai DTC aja karena Alfabetnya ga bisa. Aku ajakin buat test food vendor lain, dia ga mau. Udah DTC aja. Gitu.

Tapi aku adalah penganut ideologi "Marketing yang ramah akan memenangkan hati para calon pembeli". Guess what? Marketing DTC luar biasa banget juteknya. Mungkin karena mereka vendor kelas +++++ kali ya jadi ngeliat aku dengan penampilan urakan begini, mereka ga mau layanin, padahal waktu itu aku udah bener2 fix mau booking DP. Marketing itu lebih senyam-senyum ke klien lain yang lebih prospektif menurut dia, sedangkan ke aku pasang muka serius. OK, FINE! Ngeliat harganya yang super banget dan dilayanin dengan ngga banget gitu, akhirnya aku memutuskan untuk mencoret DTC ini. Bye!

Tapi, untuk kalian yang benar-benar punya budget berlebih, DTC ini amat sangat recommended kok karena kalian tidak akan pernah kecewa dengan rasanya yang luar biasa :)

3. Yvonne's Catering (Grade A)
Kita mencoba Yvonne karena Yvonne adalah catering nikahan ibu-bapaknya Tito 25 years ago. Hahahahaha. Sudah lebih dari seperempat abad melanglang buana di dunia catering, apa sih yang bisa kalian ragukan dari vendor ini? Rasa dan porsi jangan ditanya, kita udah coba pas ada Culinary Wedding Festival di Sasana Kriya. Marketingnya juga ramah-ramah. Dekorasi yaaa not bad laah. Tapi entahlah ya, we just don't have that "click" with this vendor, so say Good Bye!

4. Kiki Catering (Grade B)
Nah, ini dia catering Grade B yang lagi naik daun, KIKI Catering. Catering berlogo burung merpati ini sukses merebut perhatian masyarakat yang menginginkan catering enak tanpa mengeluarkan budget sangat banyak. Kiki ini juga belum seterkena "PS" jadi dari segi quality control lebih terjaga. Namun, sayangnya, Kiki ini punya porsi yang tidak terlalu besar. Temenku waktu itu nikahan di Sasana Kriya untuk 400 undangan (800 tamu). Padahal dia sudah pesan 1000 porsi loh, tapi jam 12 makanan udah mulai habis aja tuh.... Alhasil banyak tamu yang dateng di atas jam 12 yang ga kebagian makanan.. Duh, jangan sampai ini terjadi di pernikahan kita ya.....

5. Puspa Catering (Grade A)
Perusahaan catering milik Tante Titiek Puspa ini sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Memang, sempat terjadi penurunan kulaitas Puspa Catering sekitar tahun 2013 karena ada issue pengalihan kepemimpinan di dalam internal Puspa Catering. Tapi, Puspa Catering terus-menerus memperbaiki diri sehingga Puspa catering saat ini sudah menjadi salah satu vendor catering yang sangat diperhitungkan. Dari segi higienitas dapur, Puspa Catering jauh lebih higienis dan memiliki sistem pengelolaan limbah makanan yang lebih baik dibandingkan kompetitornya.

Dari segi rasa, porsi, dekorasi, dan harga, Puspa Catering sangat bersaing. Puspa Catering ini juga menjadi langganan bagi para pejabat pemerintahan loh! Jadi ya sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Aku bener-bener jatuh cinta banget dengan Hawaiian Corner nya! Mac N Cheese nya makjang maknyuuuuus benerrr! Hahahahaha. Camer juga udah cinta banget sama Puspa. Bundaku juga udah suka banget sama Puspa. Akhirnyaaa, dia bisa berpindah dari Alfabet! Dari segi harga juga jauuuuuh dari DTC.. Well, lumayan banget kan buat berhemat? Mas Jay, marketing yang nanganin aku juga baiiik banget walaupun kalo di Watsapp suka jutek gitu sih gara2 sibuk hahahaha. Bismillahirrahmanirrahim, DP!  :)

29 comments:

Tatia Aristya said...

Hei zara, boleh minta tolong kirimin price list alfabet, DTC, dan kiki Catering ke emailku tatia.aristya@gmail.com
Makasih

Dugidagidu said...

Mba zara boleh tolong share PL dari masing2 catering ini ke emailku dugidagidu@gmail.com
Makasih yaa

Suci Puspa Hagemi said...

haloo mba aku nanti wedding mau pake sonokembang, test food dua kali sih selalu enak dan sekarang rasanya udah diatas alfabet menurut aku hehe. Tapi ini berdasarakan pendapat keluarga aku dan camer. oiaa aku mau komen DTC juga tuh iya mereka engga ramah banget, aku juga jadi coret karena itu hehe

Zara Fadhila said...

Mbak Suci: wah alhamdulillah kalau memang sekarang sudah much improved. Semoga lancar yaaa pernikahannya! Semoga berkah :--)

Mutiara Rezky said...

Hi mba Zara, boleh minta PL puspa catering ke tiaramutiararezky@gmail.com ? Thanks ya

ratih lusiyana said...

Hai mba boleh minta PLnya puspa ga sama dtc ke lusiyanaratih@gmail.com? thanks ya

ratih lusiyana said...

Hai mba boleh minta PLnya puspa ga sama dtc ke lusiyanaratih@gmail.com? thanks ya

wangsa said...

hi mba,boleh minta PL puspa,DTC,kiki sama alfabet ke wangsajakarta@yahoo.com ? Thank you banyak ya :)

Margaret Lydia said...

Hai mba, bole minta kirim PL puspa, DTC dan alfabet nya ke email kom_163@rocketmail.com?
Thanks ya Mba ^^

Kiki Yulanda said...

Assalamualaikum
Salam kenal mba zara...
Aq jg lg nyiapin nikahan niy...suka deh baca review mba...lengkap banget...btw blh mbt pricelist puspa catering..tolong di email ke kiki_oopsie@yahoo.com makasi sebelumnya mba...
Semoga lancar ya persiapannya sampai kehidupan pernikahannya nanti...

Dwinta Rachmawati said...

Hi mbak zara, aku boleh minta pricelistnya alfabet? Ke wiinthaa@gmail.com thanks ya mbak

ashif kagami said...

Boleh minta price list Alfabet dan DTC ga ke alamat email dwi.tarina@yahoo.co.id

Makasih ya

putri ayu amelia said...

Mba aku boleh minta PL alfabet, DTC dan puspa ke putymel@gmail.com terima kasih ya mba

Niken Dwi Pratiwi said...

Mba zara.. aku boleh minta PL alfabet, DTC dan puspa ke niken_dp@ymail.com

thanks mba ...

Zara Fadhila said...

HAI ALLLLLLL!!! TERIMA KASIH SUDAH MENINGGALKAN JEJAK DI BLOG AKUU SENENG BANGEET!! :)

Tapi mohon maaf sebelumnya, aku kayaknya udah ga nyimpen quotationnya lagiii. Udah aku buang2in :(

Tapi insya Allah vendor2 di atas seriiing banget datang ke pameran pernikahan kookkk jadi datangi saja yaaaa! Good luck all!!

Irna Septiana said...

hai boleh minta pricelist nya puspa?

Irna Septiana said...

hai boleh minta price list puspa kirim ke irnaseptiana7@gmail.com

mungky medisa said...

Halo aku boleh minta pricelist dari catering2 yang disebut diata ke mungkymedisa86@yahoo.com ? terima kasih ya...

marsinta novia said...

Halo aku boleh minta pricelist dari catering2 yang disebut diatas ke marsintanovia91@gmail.com ? terima kasih ya...

Rere Chubby said...

hai mbak,,boleh minta price list dari masing2 catering diatas, ke email re.chubby@gmail.com
terima kasih ya..

Moncha Wardani said...

hai mba, boleh minta price list puspa cateringnya ke emailku monchawardani23@gmail.com . terima kasih ya mba :)

inetthawedding said...

Hi Capeng,

Lagi galau mikirin pernikahan ya, don't worry. Kami dri INETTHA CATERING & WEDDING SERVICES hadir utk membantu capeng semua.
Paket kami :
* mulai dr 40jtan (ALL IN)
* gubug mulai dr 10rbuan/porsi
* dan byk bonus menarik lainnya.
Tunggu apalagi segera hubungi kami.
Psstt...kalo mau buat acara dirumah harga bisa lbh murah loh ๐Ÿ˜‰
CP :
NETTA 083878872988/08891408412 (whatsapp)
IG @inetthawedding
www.inetthawedding.blogspot.com

Dwiseptia Nadiantari said...

Halo mba zara, review nya membantu sekalii. Aku boleh minta PL alfabet dan puspa ke emailku? dwiseptianadiantari@gmail.com terimakasih mba :)

HIS Graha Elnusa said...

Numpang promo ya kakak,
HIS GRAHA ELNUSA EXCLUSIVE WEDDING PACKAGE
Paket pernikahan lengkap di daerah TB.Simatupang - JAKSEL.
Dengan fasilitas full karpet, parkiran yang luas dan menjadi salah satu favorite orang tua karena tidak ada anak tangga menuju ballroom. Free HONEYMOON Bali 3D2N.
more info : 0812 8777 6772 ( endy ).

Diina Khaerani said...

Hai capeng, yang lagi cari gedung full carpet, aku punya ballroom yg masih baru dengan konsep semi hotel tpi harganya jauh dibawah hotel loooh.. disini sistemnya udah all in paket jadi capeng ga usah bingung2 lg buat milih vendor.. more info : diina 081288626477

Anggun Medita said...

Hallo calon penganti, masih bingung cari venue untuk hari special kalian ? Coba intip Graha Elnusa yang sudah memperbaiki gedung menjadi mewah dengan tambahan full karpet + lampu gantung yang amat sangat cantik ..
His Graha Elnusa All in Package jadi kalian tggl siapkan souvenir + undangan saja yang laiinya sudah di cover oleh kita .
Aku selaku wedding consultant kalian siap melayani kalian 24 jam jika kalian butuh bantuan dan saran mengenai keperluan di hari special kalian ..
foto ? kalian bisa langsung follow @his_grahaelnusa untuk update info terbaru dan foto gedung kita yang baru atau hubungi 087881656581 dengan anggun

HIS GRAHA ELNUSA said...

Hai capengers!! yuk datang dan survey gedung GRAHA ELNUSA, gedung termurah se jakarta selatan yang sudah all in package(gedung, catering, dekorasi, rias busana, photography, entertainment, WO, Wedding Car & MC) sudah full ac&karpet! gedung yang letaknya strategis di daerah jakarta selatan! banyak bonus yang ditawarkan juga loh.Bisa cashback sampai 20juta!
for more detail info call/wa : intan 087800160870

QQ Wedding Organizer said...

Buat temen2 calon pengantin se Indonesia raya..yukkk ahhh jangan pake ragu buka web QQ Wedding..krn banyak BONUS menarik menanti kamu lhooo

Karena cuma di QQ WEDDING yg bisa menyesuaikan dengan budget kalian lho dear..
Mengemas hari bahagia kalian menjadi lebih istimewa adalah impian kami..

Hayooo yang mau hari istimewanya di bikin lebih cantik dan berkesan, gak usah pake ragu lagi..

hub kami segera sms/tlpn/WA di 0812-9835-0666 CP: Kiki

Untuk melihat detail paket dan promo lainnya silahkan kunjungi

www.qq-wedding.com

Tx dear

viska wanti arieska said...

dear capeng yang mau menikah tp bingung cari gedung HIS GRAHA ELNUSA hadir utk anda, dg ALL in package , NO RIBET, semua kita yg urus..kalian tinggal duduk manis, package include
-GEDUNG
-CATERING
-DEKORASI
-RIAS & BUSANA
-PHOTO&VIDEO
-PROMO CASHBACK!!
-etc..

luxury place with affordable price
hub. marketing his 081319797403 (VISKA)

Post a Comment