Pages

Wednesday, May 4, 2011

#3 MADE OF SOYBEAN


PLEASE KINDLY OPEN AND 'LIKE' ME ON THIS PAGE ˘)ε˘`)

=========================================================================

Udh ngerti kan tentang asal usul kedelai dan nutrien yang terkandung di dalamnya? Nah, sekarang kita masuk ke artikel ketiga nih, yaitu produk olahan kedelai.






Pasti lo semua udah tau kan bahan-bahan apa saja yang berbahan dasar kedelai?
Ada tahu, kecap, tempe, susu kedelai, tepung kedelai, taosi, tauco, hingga snacks yang terbuat dari kedelai. Tapi pernah ga sih kalian terpikir untuk do-it-yourself alias membuatnya sendiri? Gue akan mencoba membagi informasi mengenai cara pembuatan produk olahan kedelai yang mudah dibuat di dapur dengan peralatan sederhana, yaitu susu kedelai. Siapa tau kalian tertarik untuk melebarkan usaha menjadi industri rumah tangga?  \(^•^)/


HOW TO MAKE SOYMILK


-Conventional Way



1. Rendam kedelai (banyaknya sesuai selera) 4 jam atau semalaman dengan air dengan perbandingan 1 : 2. 
2. Blend kedelai yang sudah ditiriskan tadi dengan air baru dengan perbandingan 1 tempat kedelai (misalkan gelas): 3 tempat air.
3. Masak 20 menit / lebih sampai mendidih. Saring dengan saringan kain. Susu kedelai siap diminum


-Modern Way



Berbeda dengan cara konvensional, cara modern telah menggunakan mesin dalam pembuatan susunya. Salah satu nama mesin yang digunakan adalah Maksindo. Caranya pembuatannya pun sedikit berbeda, yaitu:

1. Kedelai dicuci sampai bersih, lalu direndam selama satu malam atau delapan jam     dalam air panas. Air rendaman dibuang dan kedelai dicuci lalu tiriskan.


2. Berikutnya kacang kedelai dihaluskan bersama air secukupnya menggunakan burr mill. Bubur encer disaring dengan kain kasa dan filtratnya merupakan susu kedelai mentah. Proses ini bisa menggunakan mesin.

Dengan mesin, ampas kedelai telah terpisah dengan sarinya. Berbeda sekali jika lo menggunakan blender
3. Tambahkan air kira-kira 10 kali lipat dari susu kedelai mentah tadi dan aduk hingga campuran menjadi rata. 


4. Tambahkan gula pasir, daun pandan, garam pada air perasan tadi dan bubuhi sedikti perasan vanili atau moka atau sesuai selera.


5. Masak sampai mendidih sambil diaduk-aduk menggunakan panci perebusan yang kami sediakan




HOW TO KEEP IT FRESH


Nah, kalo lo udah merasa siap melebarkan sayap wirausaha, lo pasti akan menemukan kendala nih untuk menjaga produk susu kedelai lo tetap bagus. Salah satu kendalanya adalah cepat basi, bau langu, ataupun menggumpal. Semoga tips berikut bisa membantu kamoo (◦''◦)

1. Segera Taruh di Kulkas

Cara paling mudah untuk memperlama kesegaran susu kedelai adalah segera manaruh susu kedelai di kulkas pendingin. Setelah lo masak susu kedelai, segeralah manaruhnya di kulkas. Ketika memasarkan, juga harus ditaruh di kulkas atau dalam wadah yang berpendingin atau diberi es batu

2. Jangan Diberi Gula, Perasa atau Pewarna Dulu
Gula, perasa dan pewarna bisa mempercepat susu kedelai langu. Dan juga bisa menyebabkan penggumpalan. Karena itu, kalo lo ingin mengonsumsi dalam jangka waktu lama, sebaiknya pemberian gula dan zat tambahan lain diberikan saat akan dikonsumsi

3. Bungkus yang rapat
Setelah memproduksi susu kedelai, segera bungkus susu kedelai dalam kemasan yang rapat. Agar bakteri tidak masuk ke susu yang menyebabkan susu kedelai cepat basi


4. Proses Yang cepat
Saat lo memproduksi susu kedelai, hendaklah dilakukan dengan cepat dan jangan berlama-lama. Misalnya, jangan membiarkan susu kedelai tidak segera di masak, dan terlalu lama menaruh di panci


5. Diberi pengawet yang aman
Jalan terakhir agar susu kedelai awet, adalah dengan memberinya bahan pengawet sehingga bisa tahan lebih lama. Tapi gue kurang menyarankan poin yang ini karena bagaimanapun bahan pengawet ga bagus buat kesehatan.


6. Cepat dijual dan dikonsumsi
Nah, bagi lo yang niat banget membuat susu kedelai untuk dijual, lo harus bisa memperhitungkan jumlah produksinya. Jangan sampai memproduksi terlalu banyak. Produksi hari ini, harus sesuai dengan jumlah penjualan kemaren. Lo juga harus segera menjual susu kedelai hasil produksi. Misalnya, kalo lo memproduksi susu kedelai pagi hari, setelah produksi harus segera dipasarkan.




SUMBER:

http://www.susukedelai.net/
www.youtube.com


SEMOGA BERMANFAAT
DAN
SELAMAT MENCOBA!
\(´`)/\(´`)/\(´`)/\(´`)/\(´`)/\(´`)/




NANTIKAN ARTIKEL SELANJUTNYA!
TO BE CONTINUED.......................
ƪ(>-̮<)ʃ






0 comments:

Post a Comment