Pages

Tuesday, May 3, 2011

#2 THE BENEFITS OF SOY


PLEASE KINDLY OPEN AND 'LIKE' ME ON THIS PAGE ˘)ε˘`)

=========================================================================

Alohaaa~


Setelah di postingan sebelumnya kita sudah belajar tentang biologi dasar, di postingan ini kita akan belajar tentang GIZI KULINER! Xixixixixi. Gapapa dong ya, berhubung gue anak Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (#sombong), gue akan terus berusaha meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia, permasalahan gizi salah satunya.


HIDUP MAHASISWA!


HIDUP RAKYAT INDONESIA!












Oke cukup sekian intermezzo nya. Kita kembali ke tujuan awal yang mulia, yaitu membahas manfaat kacang kedelai........................


==========================================================


Mungkin kalau ada penobatan kacang terbaik di dunia, the award will go to soybean. Why? Soybean is a world's source vegetable oil which is rich in complete protein (40%), carbs & fiber (35%), healthy fat (20%), and lots of health-need vitamin and mineral (5%). One soybean seed contains lots of phytat acid, alpha-linolenat acid, isoflavon ginestein, and daidzein. 


Dalam proses perkebunannya, lahan yang ditanami kedelai mengandung protein 2 kali lebih banyak dari pada ditanami tanaman lain. WOW! Ternyata ga cuma bermanfaat bagi manusia aja ya si imut-kayak-gue yang satu ini.


Kandungan protein dalam kedelai setara loh dengan kandungan protein dalam daging merah, daging putih, dan telur. No wonder di postingan sebelumnya gue bilang kalo kedelai adalah 'daging' yang ramah lingkungan. 20% kandungan lemak tak jenuhnya juga membantu mencegah mengerasnya pembuluh nadi. Serat dalam kedelai pun tidak bisa diremehkan loh. Kandungannya yang tinggi membantu mencegah sembelit. Sembelit berkepanjangan meningkatkan risiko kanker usus besar loh! Jadi, secara tidak langsung, konsumsi kedelai yang rutin juga dapat membantu mencegah risiko penyakit usus. Ga mau kan usus lo yang kalau dibentangkan panjangnya bisa sebesar lapangan bola harus dipotong gara-gara selama hidup lo selalu susah pup? :)))


Tapi ada warning nih buat para penderita asam urat! Purin yang terkandung dalam kedelai adalah musuh besar bagi asam urat! Jadi, seperti kata Rasulullah, jangan makan berlebihan. Hihihihihi (◦ˇ зˇ)


Berikut adalah tabel perbandingan antara 100 gram kedelai dengan makanan lainnya yang gue dapatkan dari website zupercool punya SOYJOY

ISOFLAVON

Apa sih isoflavon itu? Isoflavon merupakan salah satu senyawa nabati (fitoestrogen) yang memiiki aktivitas seperti estrogen, tapi sangat berbeda dari estrogen pada manusia. Isoflavon juga merupakan komponen aktif yang biasanya terdapat pada kacang-kacangan (terutama kedelai) yang bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang. Penelitian Uesugi et.all (2000) menunjukkan bahwa isoflavon dalam kedelai meningkatkan metabolisme dan regenerasi sel tulang dan membantu menurunkan kadar lemak dalam darah.


Selain itu, karena fungsinya yang hampir mirip dengan hormon estrogen, isoflavon juga berfungsi sebagai antioksidan sehingga berpengaruh dalam menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit, serta menghambat laju penuaan dini. Sebagai natural mositurizing factor, isoflavon juga membantu merangsang pembentukan kolagen. Penting banget nih buat kita yang sering melakukan aktivitas luar ruang!


Bukan cuma itu loh! Isoflavon juga dapat meperbaiki metabolisme lemak dan mengontrol berat badan. Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Chyntia K Sites, dari Universitas Birmingham, terhadap 10 wanita paruh baya bahkan menyatakan bahwa ada perbedaan antara 5 wanita yang tidak rutin meminum susu kedelai dengan 5 wanita yang rutin minum susu kedelai (masa percobaan 3 bulan). Wanita yang rutin meminum susu kedelai mempunyai perut yang lebih ramping dibandingkan wanita yang tidak meminum susu kedelai! Wah, ini sih penting banget buat guee!  ƪ(♥ε♥)ʃ


GLYCEMIC INDEX (GI)


Mungkin kalian sering ya mendengar kata HIGH GI atau LOW GI di iklan Soyjoy. Tapi kalian tau ga sih, GI itu apa? Glycemic index adalah tingkatan pangan dalam skala 0-100 terhadap kadar gula darah. Berikut adalah kelompok makanan berdasarkan skala GI nya.


Seperti grafik garis di gambar pertama, makanan high GI memang membuat kita cepat kenyang karena makanan tersebut langsung diserap tubuh san menaikkan kadar gula darah secara drastis. Tapi apa yang terjadi? Gula darah akan turun lagi secara drastis dalam waktu kurang dari satu jam setelah kita makan makanan tersebut. Akibatnya apa? YA KITA LAPAR LAGI. Kalau kita lapar lagi apa akibatnya? YA KITA MAKAN LAGI dan begitu seterusnya. Inilah yang menyebabkan makan high GI adalah faktor pendukung obesitas.


Bagaimana dengan makanan low GI? Karbohidrat dalam makanan low GI akan secara bertahap diserap oleh tubuh sehingga glukosa secara bertahap pula masuk ke dalam aliran darah. Karena dilepas secara bertahap, glukosa ini mampu memberikan tenaga sebatas yang diperlukan sehingga tidak akan disimpan sebagai lemak tubuh.

Naah, kedelai ini termasuk dalam daftar makanan ber-GI rendah loh. Bersyukurlah kalian yang sedang dalam program diet! Jadi jangan ngaku diet kalau masih makan selusin donat hihihihihi. :peace:


 ===========================================================


In brief, kedelai itu punya buanyak manfaat, antara lain:
1. Memperkuat fisik tubuh
2. Mencegah diabetes
3. Mencegah tekanan darah tinggi
4. Mencegah serangan jantung
5. Mencegah stroke
6. Mencegah kanker
7. Mencegah bronkhitis
8. Mencegah penuaan dini
9. Mencegah kepikunan, sembelit, dan obesitas


So, what r u waiting for, guys? Ayo tingkatkan konsumsi makanan berbahan dasar kedelai sekarang juga! Tidak susah kan mencari makanan berbahan dasar kedelai? ;)))


Sumber:
www.susukedelai.blogspot.com
http://www.soyjoy.co.id/
www.susukedelai.net 
Koran Republika, 15 Januari 2008


NANTIKAN ARTIKEL SELANJUTNYA!
TO BE CONTINUED.......................
ƪ(>-̮<)ʃ 









0 comments:

Post a Comment