Pages

Saturday, February 6, 2010

LEUKEMIA, THE SILENT KILLER

from now on, i beg for your permission to write in Bahasa -_-

kenapa? heran ngeliat judulnya yah?
gue berinisiatif menulis tentang ini karena kakaknya saudara jauh gue (yg juga satu SMP), kena leukemia. gue ga usah nyebut di sini yah namanya siapa because it's not etical, but i really want your prayer for him :)

What Is LEUKEMIA?
Leukemia atau kanker darah adalah sekelompok penyakit neoplastik yang beragam, ditandai oleh perbanyakan secara tak normal atau transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid. Sel-sel normal di dalam sumsum tulang digantikan oleh sel tak normal atau abnormal. Sel abnormal ini keluar dari sumsum dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Sel leukemia mempengaruhi hematopoiesis atau proses pembentukan sel darah normal dan imunitas tubuh penderita.


How Can We Recognize Leukimia?
Sebagaimana penyakit kanker (cancer) yang lain, leukimia belum diketahui penyebabnya. Penyakit leukimia merusak white blood cell. Dengan pengenalan dan penanganan dini, kesempatan untuk sembuh dari penyakit ini akan lebih baik.
Berikut ini adalah gejala-gejala awal dari penyakit leukimia yang perlu kalian ketahui:


1. Anda sering merasa lelah? Leukimia dapat menyebabkan Anda mudah lelah, karena peningkatan produksi sel-sel darah putih mengakibatkan penyerapan energi yang besar dari tubuh.

2. Apakah berat badan Anda terus berkurang? Apakah Anda makan dengan porsi seperti biasanya, namun pakaian Anda semakin longgar? Leukimia menyebabkan berat badan berkurang, karena peningkatan produksi sel darah putih menyerap banyak kalori tubuh Anda.

3. Catat dan rasakan frekuensi sakit kepala/pusing dan kadang memunculkan rasa bingung. Peningkatan produksi sel darah putih yang tidak normal kemungkinan meresap ke sistem syaraf pusat.

4. Apakah Anak Anda seringkali berdarah, mimisan atau muncul lebam-lebam di beberapa bagian tubuhnya? Hal ini merupakan gejala umum penyakit leukimia pada anak. Disamping itu muncul bintik-bintik merah pada bagian tubuhnya, yang merupakan gejala umum leukimia anak yang lain, terkait dengan limpa dan pembengkakan hati.

5. Periksa jenis kepucatan Anda. Apakah anda kecerahan dan kebinaran wajah Anda mulai redum? Hal ini juga merupakan gejala umum leukimia. Peningkatan produksi sel darah putih yang tidak normal kemungkinan ‘mendesak’ sel darah merah anda, sehingga membuat anda menjadi seperti kurang darah.

6. Periksalah kelenjar getah bening Anda. Rasakan sesuatu di di bawah ketiak Anda atau tenggorokan atas Anda. Apakah Anda merasakan benjolan atau semacam pembengkakan di sana? Pembengkakan gejala getah bening merupakan gejala penyakit leukemia

7. Cobalah untuk merasakan dan mengingat-ingat apakah Anda pernah mendapati infeksi ringan namun tak kunjung sembuh? Walaupun tubuh Anda terus memproduksi sel darah putih, sebagai anti body tubuh anda terhadap infeksi., namun sel-sel darah putih yang diproduksi dari tubuh seseorang yang terkena leukimia tidak sempurna dan tidak dapat melindungi tubuh Anda.

8. Periksalah limpa Anda dengan cara: berbaringlah Anda di tempat tidur, letakkan telapak tangan Anda pada perut sebelah kiri, di bawah tulang rusuk. Rasakan apakah ada benjolan-benjolan kecil disana. Hal ini termasuk gejala leukimia.

9. Rasakan, apakah Anda sering berkeringat di malam hari disertai nyeri pada tulang dan perut mual/kembung. Waspadilah, karena tanda-tanda tersebut merupakan gejala leukimia.


sudah saat nya kita menghargai kesehatan masing-masing. tidak hanya untuk penyakit leukemia, tetapi juga untuk penyakit-penyakit lainnya terutama kanker.
”Keluarga baru membawa anaknya ke rumah sakit umumnya sudah dalam kondisi stadium lanjut atau parah. Di RSUPN lebih dari 60% kasus semacam ini,” jelas dr. Maria Abdulsalam dari Bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo di sela-sela seminar ilmiah bertema Kanker pada anak yang diselenggarakan Yayasan Onkologi Anak Indonesia, Kamis (12/2) di Jakarta.

 
struktur sel darah putih
 


jumlah penderita di USA

 


  

  
rambut seorang penderita leukemia akan rontok seiring akibat pengaruh obat 



for your information,
RSCM ada sebuah yayasan yang memberikan dana kepada para penderita leukemia.
gue lupa apa nama yayasannya, tp pokoknya tujuan yayasan itu adalah menolong pengobatan para penderita leukemia.
gue kurang tau knp cm buat leukemia aja.
yg jelas, pengobatan leukemia memang sangat mahal.
bayangkan, harga obatnya adalah Rp250.000,000 , sedangkan penderita harus RUTIN meminum obat tersebut sampe sembuh setiap TIGA KALI SEHARI.
what if leuchemists are poor?
bantulah mereka karena mereka juga manusia ..

source : wikipedia.com dan kliktransferfactor.blogdetik.com 

1 comments:

Obat Leukemia said...

terimakasih banyak, sangat membantu sekali artikelnya...

Post a Comment